14 Pengurus Ormawa UIS Dilantik

Berita 06 Agustus 2020 Taslim 130


Pelantikan 14 Ormawa UIS

UIS - Kehadiran Universitas Ibnu Sina akhir tahun 2019 lalu, hingga kini telah melahirkan 14 Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Wadah pengembangan ini resmi hadir setelah para pengurus dilantik melalui saluran Dalam Jaringan (Daring) oleh Rektor UIS, Assoc. Prof. Dr.H. Mustaqim Syuaib,MM. Kamis, (6/8/2020) malam.

Ormawa ini hadir menjawab kebutuhan dan menjadikan saluran pengembangan kepada seluruh mahasiswa. Didalamnya, ada organisasi strukturl berjenjang seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Program Studi hingga berbentuk kelompok, berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Mustaqim berharap, organisasi yang baru terbentuk ini menjadi wadah pengembangan untuk memberi nilai tambah, baik kepada diri mahasiswa, kampus hingga masyarakat. Karena capaian Ormawa merupakan indikator kemajuan kampus.

"Salah satu indikator kemajuan sebuah kampus dengan adanya organisasi-organisasi yang bisa memberikan nilai tambah kepada adek-adek mahasiswa. Disana ada pembelajaran organisasi, pembelajaran tata kelola kelompok yang baik hingga bagaimana mengelola organisasi dengan bijak. Karena itulah perlu kita dukung dan support. Mahasiswa merupakan civitas yang dapat memberikan kemajuan kampus,"terang Mustaqim.

Pelantikan sistem Daring ini dihadiri sedikitnya 160 partisipan, baik dari mahasiswa, manajemen UIS hingga pihak eksternal yang diundang guna menyaksikan pelantikan tersebut.

Eks Ketua STIE Ibnu Sina ini menambahkan, seluruh Ormawa kampus harus menjadi perhatian. Pesanya, Ormawa harus difasilitasi dan diberikan pembinaan sehingga benar-benar mampu berkontribusi nyata dan maksimal.

Salah satu organisasi kemahasiswaan yang harus memiliki andil, khususnya bidang seni. Alasannya karena Rektor UIS merupakan ketua Pengurus Daerah Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Kepri. Lembaga ini langsung dibawah Dirjend Dikti.

"Semua Oramawa harus diberikan pembinaan. Khusus Seni harus mendapat perhatian, karena saya sebagai Ketua BPSMI Kepri yang merupakan organisasi hingga ke pusat dibawah Dirjend Dikti. Apalagi saya menargetkan, Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) tahun 2022 rencananya Kepri akan saya ajukan sebagai tuan rumah,"terangnya.

Wakil Rektpr III, Dr. Sumardin,M.Si. menambahkan, selaku penanggung jawab bidang kemahasiswaan maka selayaknya Ormawa mendapat bimbingan dan pendampingan dalam  kemahasiswaan di kampus.

"Kita ingin bersama-sama semua unsur pimpinan di Ormawa bagaimana kita melakukan kegiatan organisasi di kampus. Semua unsur dilihat karena jangan sampai keasikan bersorganisasi lupa tanggung jawab diawal sebagai mahasiswa,"terang Sumardin.

Para mahasiswa harus paham tujuan berorganisasi. Karena itu komunikasi harus terus dibangun guna kemajuan UIS baik dalam bidang akademik dan non akademik yang dapat  memberikan kebanggaan kepada orang tua dan orang sekitar.

Adapaun Ormawa yang dilantik dalam peridoe 2020 hingga 2021, yakni UKM kelompok kegiatan mahasiswa minat khusus. Ukm mahasiswa pencinta alam (MAPAIS) dengan ketua umum, Andi Kusnaidi. UKM gerakan mahasiswa pencinta lingkungan hidup (GMPLH) dengan ketua umum Shania Rihandayani. UKM pergerakan mahasiswa ibnu sina (PERMAS) dengan ketua Theo Maulana Firdaus.

Kelompok kegiatan mahasiswa olahraga, Futsal dengan ketua, Erdo Destryanto. UKM Badminton, Ketua M. Navin Nischal.

Kelompok Kegiatan Mahasiswa Kesenian, UKM perkumpulan seni ibnu sina (PERKUSI) Ketua Bagus Susanto Pratama, Kelompok Kegiatan Mahasiswa Penalaran, UKM Debat (College Debate Club) ketua umum M. Asraf Dzaki, Ukm Pembawa Acara (PEWARA) ketua Melvi Yolanda, kelompok kegiatan mahasiswa keagamaan UKM Forum Studi Islam (FORSI) ketua umum Ahmad Hasibuan.

Sementara pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIS, presidium ada tiga, yakni Nandang Lesmana, Aji Sentosa dan Belinda Nur Fitriana serta Sekretaris Jenderal Rein Petrus Kambey.

Pengurus Himpunan Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ketua umum Hariyono, Pengurus Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ketua Umum Devi Kusnaeni, Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Ketua Yohanes Phua, Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik Ketua Calvin Wijaya,

Kemudian, Pengurus Himpunan Mahasiswa Kesehatan dan Keselamatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan ketua Rizki Nanda Pratama, Pengurus Himpunan Mahasiswa Kesehatan Lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan ketua Uci Indriyani.




Top