Khidmat, Wisuda Blended UIS Lahirkan 392 Sarjana 

Berita 28 Agustus 2021 Taslim 41



UIS - Pelaksanaan sidang senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana ke empat Universitas Ibnu Sina tahun akademik 2020/2021 berlasngung khidmat yang dilaksanakan secara blended atau campuran, ada yang offline dan online dalam satu waktu bersamaan. 

Kegiatan ini merupakan perdana setelah dua wisuda sebelumnya dilaksanakan full online akibat bencana kesehatan yang melanda. Persiapan yang matang dengan izin Satgas Covid 19 Kota Batam akhirnya terlasana wisuda tersebut, di Hotel Planet Holiday, Sabtu (28/8/2021).

Ada 392 wisudawan yang dikukuhkan, dari enam program studi, yakni Manajemen (S1), Akuntansi (D3), Teknik Informatika, (S1), Teknik Industri (S1), Kesehatan, Keselamatan Kerja (S1) dan Kesehatan Lingkungan (S1). Sistem wisuda campuran ini diantaranya 284 wisudawan dilaskanakan dengan online melalui aplikasi zoom, semetara 108 orang datang langsung dalam acara dihotel.

Sebelumnya, mahasiswa diberikan pilihan untuk memilih metode wisuda yang diinginkan. Bila ingin ikut serta dalam wisuda offline, maka salah satu syarat utama yang harus dilalui adalah memiliki sertifikat vaksin, minimal dosis pertama.

Rektor UIS, Assoc,Prof.Dr.Mustaqim Syuaib,SE.,MM. mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Ia berharap kepada wisudawan untuk tidak melupakan kampus karena apapun yang diperbuat diluar akan membawa nama baik UIS.

"Selamat mengarungi kesejahteraan anda. Saya berharap, anda merupakan bagian keluarga besar ibu sina, bagaimanapun ketika keluar dari kampus ini saya berharap anda ingat alamater anda. Jaga nama baik alamater anda. Anda berbuat, anda perprestasi diluar pasti berdampak ke kampus,"ujarnya.

Senada denganya, Gubernur Kepulauan Riau, Dr.H.Ansar Achmad yang hadir dalam sambutanya mengatakan, wisuda bukan merupakan purna tugas. Bukan berhenti belajar menimba ilmu, akan tetapi masih harus memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Karena dengan ini akan mampu memperlihatkan keberhasilan ketika semua mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat dikampus untuk terjun dimasyarakat

"Membantu masyarakat dalam menghadapi problem yang dihadapi. Maka harus sungguh mengimplementasikan kemampuan ini,"terangnya.

Gubernur melanjutkan, berbicara pendidikan, untuk mengupgrade hal ini dalam rangka memenuhi kempetensi yang dimiliki maka ada dua yang harus dilakukan, yakni transfer knowledge atau mentransformasi ilmu dan kedua  change behavior, merubah sikap dan prilaku.

"Dua tugas ini kita laksanakan secara simultan maka kita memenuhi komptensi mahasiswa-mahasiswa dimanapun menimba ilmu,"ujarnya.

Sidang senat terbuka juga dirangkaikan dengan dies natalis, UIS yang ke dua. UIS lahir dari gabungan tiga sekolah tinggi, STIE,STT dan STIKes dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam pada 26 Agustus 2019.




Top