Sejarah

Universitas Ibnu Sina 26 Agustus 2019 Taslim 585


Logo UIS

Sejarah Univeristas Ibnu Sina Batam

Universitas Ibnu Sina (UIS) merupakan lembaga pendidikan yang hadir dari gabungan tiga perguruan tinggi, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Teknik (STT) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang bernuang dibawah Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (Yapista).

Tekad bersama guna memajukan lembaga pendidikan tinggi dalam satu manajemen, mendapat restu setelah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 781/KPT/I/2019 tentang izin penggabungan STIE,STT dan STIKes Ibnu Sina pada 26 Agustus 2019 yang ditandatangani, Sekjend Ainun Na’im atas nama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Setelah SK tersebut lahir maka, tiga fakultas yang ada di UIS, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes). Ketiga terdapat beberapa program studi strata 1, yakni Manajemen,  Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Kesehatan Lingkungan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan satu program studi Diploma Tiga (D3) Akuntansi.

Semangat penggabungan ke tiga sekolah tinggi tersebut merupakan tekad bersama dan didorong penuh pemerintah melalui Lembaga Layanan Dikti Wilayah X. Yapista membentuk tim. Tim ini terus bekerja memenuhi persyaratan hingga menghasilkan apa yang diinginkan.

Untuk diketahui, Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPISTA) didirikan pada tanggal 27 Rajab 1397 H bertepatan dengan tanggal 14 juli 1977 M sebagai sambutan ummat manusia terhadap rencana pemerintah Republik Indonesia untuk menjadikan pulau Batam sebagai pusat pengembangan industri, perdagangan dan pariwisata.

Semenjak itu YAPISTA telah mengayunkan langkah sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan masyarakat yang diamanatkan kepadanya untuk mendidirkan dan membina sekolah-sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai ketingkat perguruan tinggi, dalam segala bentuk dan jurusan secara bertahap.

Tahun 1992, Yasasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) telah memiliki dan mengasuh Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Universitas Ibnu Sina (UIS) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).

 

 

 

 

 

 




Top