Webinar, UIS Dorong  Mahasiswa Jadi Enterpreneur

Berita 05 September 2020 Taslim 15



UIS - Doronagan berwirausaha saat ini terus digalakkan, baik dari pemerintah maupun instansi lainya. Kekuatan berdiri sendiri dengan menciptakan lapangan kerja dapat menjadikan negara semakin kuat.

Hal ini juga menjadi perhatian Universitas Ibnu Sina. Manajemen kampus mendorong mahasiswa untuk dapat berwirausaha bukan setelah selesai kuliah, namun bisa dimulai saat masih dibangku perkuliahan. Melalui ini, UIS juga melakukan webinar Kewirausahaan untuk memotivasi mahasiswa menjadi enterpreneur. 

Webinar yang disaksanakan, Sabtu (5/9/2020) menghadirikan narasumber, Akhirman,S.Sos.,MM selaku dosen dan Juri Eenterpreneur Award (EA) III LLDIKTI X dan Dr.Ir.Larisang,MT.,IPM. selaku Dekan Fakultas Teknik UIS yang juga ketua Pelaksana EA III.

Wakil Rektor III UIS, Dr.Sumardin,M.Si. mengatakan, webinar yang dilakukan saat ini guna mendorong mahasiswa menjadi pengusaha. Kemudian diharapkan para peserta dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan EA IV di Jambi Oktober mendatang.

 "Adik-adik ingin berkonsultasi proposal agar dapat diterima silakan. Bagaimana memiliki jiwa enterpreneur. Semua peluang kita lakukan, bagimana para mahasiswa bisa mengikuti kontestasi EA III,"terang Sumardin, dalam webinar yang dulakukan melalui saluran Zoom dengan partisipan lebih dari 600 orang.
 Sementara itu, Rektor UIS, Assoc Proff. Dr. H. Mustaqim Syaib,MM. mengharapkan para mahasiswa memiliki keterampilan dan kemampuan untuk mengembangkan diri dalam melakukan usaha-usaha mandiri. 

"Tidak hanya selesai kuliah langsung mencari lowongan. Akan tetapi memiliki pemikiran tidak semestinya harus jadi pekerja. Minimal punya keinginan beriwarausaha. Mempekerjakan orang,"ujarnya. 

Sementara itu, Dr. Larisang, dalam pemaparannya menjelaskan bagaimana seorang mampu melihat peluang. Untuk melihat itu makanya perlu belajar 

"Setelah itu, maka kita akan melihat dan mengembangakan peluang dan potensi usaha. berpikir kreatif dan inovatif. Ini menjadi konten khusus dalam enterpreneur,"jelas larisang. 

Usaha yang dilakukan saat ini memasuki era digital. Model-model usaha harus megikuti perkembangan. Disini lah yang dimaksud melihat peluang dan usaha. 




Top