Wujudkan Kesejahteraan Mulai dari Rumah Sehat dan Layak Huni

UIS – Peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni adalah langkah penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Pemahaman ini dibutuhkan karena rumah merupakan tempat tinggal yang harus nyaman ditempati dengan memenuhi standar kelayakan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UIS, Ahmadi M.KL, memaparkan, rumah tidak layak dapat memberikan dampak terhadap kesehatan masyarakat. Mulai dari kurangnya sanitasi yang baik dapat menyebabkan penyebaran penyakit seperti diare, kolera, dan infeksi saluran pernapasan. Kualitas udara yang buruk di dalam rumah akibat ventilasi yang tidak memadai dapat meningkatkan risiko penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.

“Rumah yang sehat dan layak huni adalah rumah yang memenuhi standar kesehatan, keamanan, dan kenyamanan bagi penghuninya. Bisa dilihat dari ketersediaan air. Air mencukupi untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga, tidak keruh dan tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau,”ujar Ahmadi, saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah, Kelurahan Muka Kuning, Rabu (22/5/2024).

Selan air, faktor udara juga harus diperhatikan. Mulai dari ventilasi rumah cukup, tidak lembab dan tidak pengap. Pencahayaan alami di dalam rumah cukup tidak ada asap di dalam rumah, seperti asap rokok, asap pembakaran sampah. Tidak ada suara bising dan tidak ada debu di dalam rumah. Kemudian, lingkungan sekitar juga harus diperhatikan mulai dari tidak ada tinja/kotoran manusia di halaman rumah, tidak ada genangan air di halaman rumah, ada tempat sampah tertutup di halaman atau luar rumah.

Pentingnya rumah sehat dan layak huni, lanjut Ahmadi, dapat berdampak pada Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga. Rumah yang sehat dan layak huni adalah fondasi penting bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Kondisi perumahan yang baik dapat memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua anggota keluarga.

“Rumah yang sehat dan layak huni memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi penghuninya. Lingkungan yang bersih dan teratur di dalam rumah dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental,”ujarnya.

Sosialisasi ini sendiri dihadiri puluhan masyarakat Mukakuning. Acara sendiri berlangsung selam satu hari dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

Scroll to Top